SELAMAT HARI JADI PACITAN KE 274

Pacitan, 19/2/2019

Agoes Hendriyanto


Budaya adalah suatu unsur yang sangat penting dalam suatu lingkungan yang merupakan cara untuk dapat berkembang dari tiap generasi ke generasi. Dari budaya tersebut terciptalah suatu karya seni yang merupakan warisan dari suatu bangsa. Oleh sebab itu, agar karya seni tersebut tidak musnah, kita sebagai bangsa yang berbudaya dan memiliki seni yang cukup bervariasi, sebaiknya tetap menjaga kelestarian dari budaya kesenian tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat mulai terpengaruh dengan budaya lain dibandingkan dengan budaya bangsanya sendiri. Maka perlu sebuah solusi cerdas dalam mempertahankan kesenian tradisional tanpa harus tertingal oleh perkembangan seni dunia yaitu dengan memadukan kesenian modern dan kesenian tradisional. 

Komunitas PengembanganSosial Budaya, berdiri dengan melihat begitu masifnya pengaruh budaya luar baik budaya timur, barat, maupun dari  Timur Tengah.  Bangsa Indonesia merupakan bangsa besar dengan berbagai budaya, kesenian, tarian, nyanyian, upacara keagamaan, dan warisan budaya leluhur lainnya wajibkita lestarikan.  Agar generasi penerus kita merasakan betapa indahnya Indonesia.  Kita sebagai bangsa timur dengan berbagai nilai, sopan santun,kekelargaan, kebersamaan harus terus kita pupuk sebagai alat untuk perjuangan.

Hidup penuh dengan perjuangan untuk hasil itu kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Manusia sebagai bagian dari kosmos yang besar yaitu alam semesta tidak mempunyai hak untuk mengklaim bahwa golongannya adalah yang terbaik.  Hal ini akan menimbulkan resistensi dan permusuhan di Masyarakat.  Hidup berdampingan dengan alam dan segenap makhluk dan saling bermanfaat itu salah satu tujuan dari komunitas KPSB dibentuk. 

Sukses selalu untuk kita semua semoga Pacitan lebih maju dan beradap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUPU-KUPU KESEPIAN

KEMARAU MERANGGAS

ARTI SEBUAH PERSAHABATAN