FEMINISME KAJIAN PENELITIAN SASTRA

BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Jenis Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang didasarkan pada data deskripsi dari suatu kasus, keadaan, sikap, hubungan, atau suatu sistem pemikiran suatu masalah yang menjadi objek penelitian. Sedangkan menurut Bogdan dan Taylor (dalam Moleong, 1990: 3), penelitian kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu secara holistik (utuh).

Kaitannya dengan penelitian yang dilakukan oleh penulis, penelitian kualitatif adalah deskripsi tentang wujud eksistensi tokoh utama perempuan dalam novel Cintapuccino karya Icha Rachmanti dan Facebook on Love karya Ifa Avianty. Sementara itu, untuk mendapatkan makna yang berupa deskripsi aspek-aspek eksistensi tokoh utama perempuan dalam novel Cintapuccino karya Icha Rachmanti dan Facebook on Love karya Ifa Avianty, dilakukan kegiatan content analysis atau analisis isi terhadap novel tersebut.


B.     Data dan Sumber data
Sumber data dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sumber data sekunder dan sumber data primer. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Cintapuccino karya Icha Rachmanti dan novel Facebook on Love karya Ifa Avianty.
1.    Sumber Data Primer Pertama
Judul                : Cintapuccino
Pengarang        : Icha Rahmanti
Penerbit           : Gagasmedia
Tahun terbit     : Cetakan keenam belas, 2007
Kota terbit        : Jakarta
Tebal buku      : 257+xvii
2.    Sumber Data Primer Kedua
Judul                : Facebook on Love
Pengarang        : Ifa Avianty
Penerbit           : Lingkar Pena Kreativa
Tahun terbit     : Cetakan pertama, 2009
Kota terbit        : Jakarta
Tebal buku      : 258+x
 Sementara itu, sumber data sekunder penelitian ini adalah buku, kumpulan artikel ilmiah, skripsi, dan sumber-sumber lain yang terkait dengann data primer yang berfungsi untuk memperkuat validasi data primer.
C.    Teknik dan Istrumen Pengumpulan Data
Instrumen penelitian dalam penelitian sastra deskriptif kulitatif ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Menurut Sugiyono (2009: 60) peneliti kualitaif sebagai human instrument, berfungsi menetapkan fokus penelitian, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data, dan membuat kesimpulan atas temuannya. Posisi peneliti sebagai instrumen terkait dengan ciri penelitian sastra yang berorientasi pada teks bukan kepada sekelompok individu yang menerima perlakuan (treatment). Oleh karena itu dalam penelitian ini melalui kepekaan, pengetahuan dan ketelitian, peneliti menemukan dan mengumpulkan data-data yang diperlukan, yaitu tentang aspek-aspek feminis dalam novel Facebook on Love karya Ifa Avianty dan novel Cintapuccino karya Icha Rachmanti.
Adapun teknik penelitian yang digunakan untuk membahas dan memecahkan masalah penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Oleh karena itu peneliti memperoleh data dengan membaca buku, membaca skripsi, membaca kumpulan artikel ilmiah dan melalui penelusuran media internet. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) membaca novel Cintapuccino karya Icha Rachmanti dan novel Facebook on Love karya Ifa Avianty, (2) menentukan permasalahan yang akan diteliti, (3) mengumpulkan data dan referensi yang berhubungan dengan objek penelitian, (4) mencari dan mengumpulkan data yang berkaitan dengan permasalahan dengan menandai teks dalam novel, (5) mengelompokkan dan memilah data-data yang sesuai dengan masalah, (6) menganalisis data sesuai dengan pendekatan yang digunakan, (7) mendeskripsikan hasil analisis yaitu eksistensi tokoh utama perempuan dalam novel Cintapuccino karya Icha Rachmanti dan novel Facebook on Love karya Ifa Avianty serta hubungan intertekstualnya.
D.    Keabsahan Data
Keabsahan data yang dimaksud untuk memperoleh tingkat kepercayaan yang berkaitan dengan seberapa jauh kebenaran hasil penelitian, mengungkapkan, dan memperjelas data dengan fakta-fakta yang ada. Dalam penelitian kualitatif keabsahan data lebih bersifat sejalan seiring dengan proses penelitian itu berlangsung.
Keabsahan data dilakukan melalui validitas dan reliabilitas data.Validitas data yang digunakan ialah validitas semantis. Menurut Endraswara (2008: 164) validitas semantis yakni mengukur tingkat kesensitifan makna simbolik yang bergayut dengan konteks. Pengukuran makna simbolik dikaitkan dengan konteks karya sastra dan konsep atau konstruk analisis. Sedangkan kaitannya dengan penelitian ini, validitas semantis yakni melalui penafsiran data dengan cara menimbang makna dari beragam aspek feminis yang terdapat dalam novel Facebook on Love karya Ifa Avianty dan novel Cintapuccino karya Icha Rachmanti .
Sementara itu, menurut Endaswara (2008: 165), reabilitas selalu berdasarkan pada ketekunan pengamatan dan pencatatan. Pembacaan yang cermat akan berpengaruh pada kepastian dalam pencarian makna. Kaitannya dengan penellitian ini, reabilitas yang digunakan adalah reabilitas interater, yaitu dengan cara membaca dan meneliti berulang-ulang hingga mendapatkan data yang tetap dan utuh. Selain itu juga diskusi bersama teman yang memiliki ketertarikan terhadap novel-novel populer feminis.
E.     Teknik Analisis Data
Analisis data adalah proses mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan oleh data (Ismawati, 2009:19). Metode ini digunakan untuk menyampaikan data-data yang diperoleh dari novel yang berjudul Cintapuccino karya Icha Rahmanti dan novel Facebook on Love karya Ifa Avianty.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, 1) menyajikan data yang telah diperoleh, 2) mengelompokkan data sesuai kategorinya masing-masing, 3) membahas, memaknai, dan menyimpulkan hasil penelitian berdasarkan kategorinya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUPU-KUPU KESEPIAN

KEMARAU MERANGGAS

ARTI SEBUAH PERSAHABATAN