Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak
Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak
Rahmitha (2011:13)
mengatakan bahwa sebelum ayah dan ibu menjawab
pertanyaan yang muncul dari anak, ada baiknya jika ayah dan ibu memahami
ciri-ciri dari kemampuan bahasa anak. Dengan demikian diharapkan ibu dan ayah
tidak akan salah dalam menjawab pertanyaan anak.
Usia
|
Kemampuan Bahasa
|
0-6 bulan
|
Menangis dengan dengan bersbagai cara untuk menunjukkan bahwa dia mengompol, lapar, kesepian,
kesakitan
|
Bersuara untuk menyampaikan
kesenangan atau ketidaksenangan
|
|
Berguman
|
|
Mengetahui dan melihat ke
arah suara atau bunyi-bunyi yang dikenalnya.
|
|
6-12 bulan
|
Dapat melambaikan tangan
|
Menoleh ketika namanya
dipanggil
|
|
Paham nama-nama dari benda-benda yang dikenalnya
|
|
Senang melihat buku bergambar
|
|
6-12 bulan
|
Memperhatikan jika ada orang
bercakap-cakap
|
Menyebutkan satu kata
|
|
Mengoceh seakan-akan sedang
berbicara
|
|
Mengatakan ”ma... ma” atau
”da...da”
|
|
12-18 bulan
|
Mengidentifikasi anggota
keluarga dan benda-bennda yang dikenalnya
|
Menunjuk beberapa anggota
tubuhnya seperti hidung, telinga
|
|
Mengikuti satu perintah
sederhana
|
|
Mengucapkan dua kata atau
lebih
|
|
Menirukan bunyi-bunyian yang
dikenalnya seperti bunyi mobil, suara kucing
|
|
Mengulangi beberapa kata
|
|
Memperhatikan orang yang
mengajaknya bicara
|
|
Mengatakan ”dadah” atau
”ekom” (untuk assalamualaikum) jika diingatkan
|
|
Menggunakan bahasa ekspresi
”oh..... oh”
|
|
Meminta sesuatu sambil
menunjuk pada bendanya
|
|
Mengidentifikasi
benda yang ada di buku gambar
|
|
Bisa mengatakan sekitar 50
kata, tapi bisa memahami lebih dari itu
|
|
Menirukan satu kata yang
diucapkan oleh orang lain
|
|
Berbicara sendiri
|
|
Menyebutkan nama dari mainan
dan benda-benda yang dikenalnya
|
|
Menggunakan dua atau tiga
kata dalam kalimatnya ”mama minum” ”bapak pergi kantor”
|
|
Bersenandung
atau mencoba sebuah lagu sederhana
|
|
Mendengarkan
lagu anak-anak
|
|
Menunjuk
anggota tubuh yang diminta seperti “mana mata?” “Mana hidung?”, “Mana
telinga?”
|
|
|
Menggunakan kata “daaaah”,
“minta”, “terima kasih”
|
2-3 tahun
|
Bisa mengidentifikasi 10
gambar yang ada di buku jika disebutkan
|
Menggunakan kalimat sederhana
|
|
Merespons jika namanya
dipanggil
|
|
Merespons pada
petunjuk yang sederhana
|
|
Menikmati
cerita dan lagu yang sederhana
|
|
Menggunakan dua atau tiga
kata dalam kalimatnya
|
|
Menikmati melihat-lihat buku
|
|
Menunjuk pada mata, telinga
dan hidung yang disebutkan
|
|
Mengulangi kata-kata yang
diucapkan orang lain
|
|
Kosakatanya sudah bertambah
menjadi 500 kata
|
|
3-4 tahun
|
75-80% cara
berbicaranya udah jelas dan bisa dimengerti
|
Bisa mengatakan nama depan
dan nama lengkapnya
|
|
Memahami kata-kata yang
menunjukkan posisi seperti di atas, di bawah, pada, dan di dalam
|
|
Memahami
sekarang, sebentar lagi, dan nanti
|
|
Bertanya
dengan pertanyaan siapa, apa, dimana, dan mengapa
|
|
Bicaranya menggunakan 3
sampai 5 kata dengan lengkap
|
|
Kadang
bicaranya terlalu cepat atau gagap
|
|
Senang
mengulang-ulang kata dan bunyi
|
|
Menyimak
cerita pendek
|
|
Menyukai
cerita yang sudah dikenalnya dan diceritakan dengan sama
|
|
Menikmati
dongeng
|
|
Bisa bernyanyi
|
|
Mengenali suara-suara yang
ada sehari-hari
|
|
Bisa mengidentifikasi warna
primer seperti merah, biru, kuning, hijau
|
|
4-5 tahun
|
Mengenal beberapa huruf yang
diajarkan dan mungkin bisa menulis namanya sendiri
|
Mengenali kata-kata yang
tidak asing dari buku sederhana atau simbol-simbol (stop, M untuk Mc Donald)
|
|
Berbicara dengan kalimat yang
cukup kompleks
|
|
Menikmati lagu sederhana
|
|
Belajar
tentang nama, alamat, dan nomor telepon
|
|
Bertanya dan menjawab
pertanyaan siapa, apa, mengapa, dimana, dan kapan
|
|
Menyebutkan
enam hingga delapan warna dan tiga bentuk
|
|
Mengikuti dua
perintah yang tidak berhubungan seperti “Minum susumu kemudian pakkai sepatu
sebelum berangkat sekolah”
|
|
Senang
berbicara dan mengelaborasi (membuat kalimat)
|
|
Senang menggunakan kata-kata
yang mengejutkan orang lain
|
|
Melucu yang
tidak masuk akal orang dewasa
|
|
5-6 tahun
|
Berbicara dengan kata-kata
dan tata bahasa yang benar
|
Bisa mengekpresikan dirinya
melalui bermain peran
|
|
Menyebutkan namanya sendiri,
huruf, dan angka
|
|
Membaca kata-kata yang
sederhana.
|
Komentar
Posting Komentar