AMAZING OF PACITAN





Pacitan, 15/11/2018

Muhamad Hafid A

Pacitan adalah nama sebuah kabupaten yang masuk di wilayah Propinsi Jawa Timur. Sebuah kota kecil dengan penduduk yang cukup padat. Sebelah Timur berbatasan dengan Kab. Ponorogo, sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Idonesia, sebelah barat berbatasan dengan Kab. Ponorogo, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kab. Wonogiri.

 Walaupun Pacitan merupakan sebuah kota kecil yang di kelilingi dengan  perbukitan dan gunung, namun penduduknya damai tentram dan bahagia. Sebagian besar mata pencaharian dari penduduk Pacitan adalah bertani, dan sisanya adalah bermata pencaharian sebagai pedagang, pegawai dan nelayan.

 Dalam bidang pertanian yang banyak di tanam adalah padi, jagung, ketela dan palawija lainnya. Padi di tanam di persawahan dengan mengandalkan air hujan dan irigasi dari sungai. Maka dari itu penanaman padi hanya di lakukan ketika menjelang musim penghujan. Sebab tidak semua desa yang ada di Pacitan memiliki irigasi yang lancar.

  Tetapi jika masuk musim kemarau, banyak warga atau penduduk Pacitan yang berada di pedesaan, lebih memilih menanam palawija sebagai sumber pangan sekaligus mata pencaharian saat musim kemarau. Namun bagi masyarakat yang hidup di pegunungan lebih mengandalkan hasil hutan dan juga menanam ketela pohon untuk dijadikan  sumber pangan alternatif selain beras. Karena jika mengandalkan beras saja tentu tidaklah cukup. Sehingga Pacitan terkenal dengan sebutan Kota Gaplek, karena makanan utama dari penduduk pacitan adalah nasi tiwul yang terbuat dari gaplek/ketela

  Namun sebagian penduduk yang tinggal di pesisir, juga memiliki mata pencaharian andalan yaitu sebagai nelayan dan sebagain lainnya sebagai pedagang. Mereka menjual hasil olahan dari laut maupun darat, yang di pasok dari seluruh penjuru Pacitan, baik dari pegunungan maupun dari pesisir.


  Pacitan juga terkenal akan pariwisatanya. Tidak hanya warga lokal yang berkunjung, tetapi juga warga luar pacitan dan bahkan wisatawan manca negara mulai melirik pacitan sebagai destinasi wisata mereka. Diantara tempat wisata yang terkenal antara lain: Pantai Teleng Ria yang belokasi di Kecamatan Pacitan. Pantai Soge,Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale berlokasi di Kecamatan Kebonagung. Pantai Serahu berlokasi di Kecamatan Prigkuku. Pantai Watu Karung dan Pantai Klayar berlokasi di Kecamatan Punung. Dan masih banyak lagi pantai-pantai lainnya yang tidak kalah indahnya.

   Pantai-pantai tersebut memiliki panorama yang sangat indah  dengan hamparan pasir yang luas dan juga memiliki ombak yang sangat besar dan bagus, dikarenakan berbatasan langsung dengan laut lepas. Sehingga pantai-pantai tersebut sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi kelurga dan juga bisa digunakan untuk olahraga air/surfing yang tentu sangat di gemari oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

  Selain wisata pantai, Pacitan juga terkenal dengan wisata goanya, diantaraya: Goa Gong, Goa Tabuhan yang belokasi di Kecamatan Punung. Goa Luweng Jaran yang belokasai di Kecamatan Pringkuku, dan masih bayak lagi goa-goa lainnya. Goa-goa tersebut memiliki ciri khas masing masing yang membuatnya memiliki daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke goa-goa tersebut.

  Selain wisata alami pacitan juga mempunyai potensi wisata baru yang memanfaatkan alam untuk di jadikan wahana wisata baru. Terlebih lagi Pacitan juga masuk dalam kawasan Geo Park Gunung Sewu yang membentang meliputi 3 kabupaten yakni: Pacitan, Wonogiri dan Gunung Kidul.  Bentang alam tesebut meliputi pegunungan karst, tebing karang dan lembah yang sangat indah. Dengan adanya potensi ini terbuka peluang yang luas bagi pemerintah dan juga masyarakat Pacitan, untuk mengembangkan bidang pariwisata baru dengan memanfaatkan potensi alam. Seperti halnya wisata susur sungai ataupun gua. Dari kesemua potensi tersebut, ada satu potensi wisata yang telah berkembang  yakni: Sentono Gentong. Sentono Gentong adalah sebuah tempat yang berada di atas gunung, didukung dengan aliran angin yang konstan, membuatnya sangat cocok untuk di jadikan lokasi olahraga paralayang yang penjadi potensi wisata baru di Pacitan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUPU-KUPU KESEPIAN

KEMARAU MERANGGAS

ARTI SEBUAH PERSAHABATAN