KUPU-KUPU KESEPIAN



Pacitan, 14/11/2019

Icuk Tri Mulyono 

Di tengah hutan yang gersang , terdapat seekor kupu-kupu yang hidup sendirian. ternyata teman-temanya serta tempat tinggalnya telah hanggus terbakar akibat kebakaran hutan yang terjadi akhir-akhir ini.

Kupu-kupupun berkata dalam sebuah kesedihan yang ia alami “teman-teman, tumbuhan dan pohon-pohon disini telah habis terbakar tanpa ada yang tersisa, sedangMkan aku bisa selamat karena pada saat terjadi kebakaran, aku sedang berada di hutan sebelah untuk mencari bunga yang terdapat di tepi hutan”

Semenjak saat itu, kupu-kupu berusaha mencari kesana kemari teman-temanya tersebut. Hingga terbang jauh kehutan-hutan sebelah, tetapi kupu-kupu tidak menemukan teman—temanya, akhirnya si kupu-kupu merasa lelah karena ia terus terbang menyusuri hutan-hutan , dan akhirnya sampailah disebuah tumbuhan angrek yang mnempel di pohon akasia, dan kupu-kupu pun beristirahat sejenak disana.

Tetapi hari telah beranjak sore dan sebentar lagi akan tiba waktunya malam..’’kupu-kupu berbicara sendiri :’’ aku harus segera pergi dari tempat ini, karena matahari sudah tengelam menandakan sebentar lagi malam akan segera tiba. Sangat berbahaya, jika aku tingal sendirian disini. Ditempat ini biasanya banyak seranga-seranga yang sangat mematikan dan binatang dan juga binatang-binatang  pemakan seranga, mereka siap memangsa binatang-binatang yang kecil seperti diriku ini.

Kupu-kupu memutuskan pergi dan mencari tempat yang sekiranya aman untuk tidur dimalam ini. Akhirnya ia menemukan sebuah pohon dan beristirahat disana. Keesokan harinya aku terbangun, setelah matahari  telah menerobos celah –celah pohon tempat aku tidur. Kupu-kupu langsung terbangun dari tempat tidurnya,ia merasakan perutnya keroconggan karena ia kelaparan dari kemarin belum makan. Dan ia melihat sekelilingnya Yang ada hanya sekumpulan burung yang sedang berkicau di atas dahan, kupu-kupupun  segera pergi karena ia disitu merasa tidak aman,ia berkata bisa-bisa nanti aku disini dimakan oleh burung. Akhirnya kupu-kupu terbang mencari tempat yang aman sambil mencari teman-temanya.

Setelah mmenjelang siang  hari, kupu-kupu masih masih belum menemukan kupu-kupu yang lain, ia terus terbang sampai ia kelelahann dan kupu-kupu memutuskan untuk  istirahat disebuah pohon, tetapi karena kupu-kupu kelelahan sampai tidak tau bahwa pohon yang di hingapi untuk tempat istirahat tersebut ada seekor bunglon yang siap mengintainya, dengan keadaan lengah kupu- kupu tidak tahu bahwa didekatnya ada seekor bunglon, kupu-kupu pun akhirnya dimakan oleh seekor bunglon tersebut dan perjalanan kupu-kupupun terhenti disitu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMARAU MERANGGAS

ARTI SEBUAH PERSAHABATAN