KURA-KURA VS MONYET





Pacitan, 13 Nopember 2018

Erlangga Ertanto
Suatu hari yang cerah, di sebuah hutan hiduplah seekor kura-kura yang sedang bermain bersama temannya si monyet. Mereka sudah menjadi teman sejak kecil. Slalu bermain bersama, mencari makan bersama, saling membantu, bahkan tidur bersama. Kelinci dan monyet mempunyai makanan kesukaan yang sama, yaitu buah-buahan yang segar terutama pisang.

Suatu hari kura-kura dan monyet pergi bersama untuk mencari makan di tempat biasa. Sambil berjalan bersama-sama kura-kura dan monyet mengobrol bersama. "Kura-kura kura-kura, tanpa kita sadari kita sudah berteman lama ya." Ucap si monyet. "Iya nyet, padahal kita kan beda jenis ya hahaha." Jawab kura-kura dengan tertawa. Sambil terus berjalan, mereka masih mengobrol dan bercanda. Mereka melakukan perjalanan yang cukup jauh, melewati gunung putari lembah hingga sampailah mereka di tempat yang dituju.

Setelah sampai di sana ternyata tidak ada satupun pisang yang tersedia. Kura-kura dan monyet pun kecewa, karena sudah melakukan perjalanan jauh, tetapi tidak ada satupun pisang yang tersedia. "Wah...gimana ni ra, gak ada satu pun buah di tempat ini. Padahal dah laper berat" keluh si monyet kepada kura-kura. Kura-kura pun nampak kebingungan, akhirnya kura-kura menyarankan untuk mencoba mencari makanan di tempat lain.

Sampai pada akhirnya si monyet tak sanggup untuk terus mencari, "monyet tahan lah sedikit, pasti kita bisa menemukan makanan" kata kura-kura pada si monyet. Karena hampir setiap waktu kura-kura berkata seperti itu membuat monyet jengkel, "kamu ini berkata gitu terus, aku lapar kura-kura aku lapar" ucap monyet ke kura-kura. Kura-kura pun tertunduk, dan akhirnya memutuskan untuk mencarinya sendiri, "baiklah monyet kau tunggu disini dulu, aku akan mencarikan makanan untuk kita." Setelah itu kura-kura lekas mencari makanan.

Setelah lama mencari akhirnya kura-kura menemukan buah apel yang tergeletak di tanah. Tapi sayangnya hanya ada sedikit yang tergeletak di tanah. Akhirnya kura-kura membawa buah apel yang ada untuk si monyet. Lalu dia lekas menemui si monyet.

Sampai di sana bukan terimakasih yang diberikan, tapi si monyet malah mengeluh, "kok cuman segini, pasti yang lain kamu makan sendiri kan, tega kamu kura-kura" ucap si monyet. "Aku tidak memakannya nyet, hanya saja cuman itu yang..." belum selesai berbicara langsung di timpali oleh si monyet, "halah kamu itu banyak alasan, terserah aku mau mencari sendiri saja" lantas si monyet langsung meninggalkan si kura-kura.

Lalu monyet pergi untuk mencari buah-buahan. Setelah lama mencari akhirnya si monyet menemukan tempat yang terdapat banyak buah-buahannya, dari apel, pisang, mangga dan lain-lain. Monyet pun langsung mengambil buah-buahan tersebut dan langsung dimakannya. Setelah kenyang si monyet langsung tidur di atas pohon.

Tiba-tiba si monyet terbangun, karena mimpi buruknya. Monyet bermimpi bahwa si kura-kura mati karena kelaparan. Lantas dia langsung mengambil banyak buah dan membawanya dengan cepat menuju ke kura-kura. Dalam perjalanan dia merasa menyesal karena telah berbuat buruk terhadap si kura-kura, padahal kura-kura sudah membawakannya makanan.
Akhirnya dia sampai ditempat si kura-kura tadi. Dimana monyet kebingungan karena tidak ada sosok kura-kura disitu. Di berteriak memanggil kura-kura sambil berjalan. Lama tak ada jawaban. Dan dia diam membisu melihat sosok kura-kura yang tergeletak diam tak bergerak.

"Kura...kura..?!" Dengan nada kebingungan dia memanggilnya, "kura-kura kau kenapa?" Dengan sedih dan menangis monyet menghampiri si kura-kura. "Hehe, Hay monyet kenapa kau.. kem..Bali?" Ucap kura-kura dengan lemas. Melihat itu monyet lega dan langsung memeluk kura-kura. "Kura-kura maafkan ucapan ku tadi, maafkan aku" ucap monyet sambil menangis. "Tak apa nyet, aku sudah memaafkan mu sebelum kau meminta maaf". Monyet pun memberikan makanan kepada si kura-kura, "kura-kura aku membawakan makanan untukmu, aku menemukannya ditempat yang indah. Dimana terdapat makanan yang banyak. Ada mangga, pisang...." monyet pun bercerita banyak kepada si kura-kura tentang tempat itu. Dan mereka berencana akan ke tempat tersebut. Setelah itu mereka kembali berbaikan dan pertemanan mereka tetap utuh dan bahagia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUPU-KUPU KESEPIAN

KEMARAU MERANGGAS

ARTI SEBUAH PERSAHABATAN