WISATA UJUNG SELATAN





Pacitan, 14/11/2018
 
DESTRI ANISA

Wisata  Pantai Pidakan Pacitan bertepatan di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan tulakan. Pantai Pidakan terkenal  dengan keindahan alam dan kesejukannya. Tetapi jalan menuju pantai pidakan kurang memadai karena jalan yang bergelombang dan banyak batu kerikil di jalan.  Jika melewati  Jalur Lintas Selatan, akan lebih mudah karena pantai ini berada dipinggir JLS, kurang lebih 100 meter menuju pantai tersebut. 

Wisata Pantai Pidaan ini bisa dikatakan sebagai pantai yang natural, karena belum adanya campur tangan manusia. Pantai Pidakan belum ada yang namanya pengolahan pantai modern sehingga pemandangan yang terdapat di sekeliling pantai masih alami.Hal yang sangat unik yang tidak dimiliki pantai lain adalah  bebatuan alam atau yang dikenal dengan batu ” Gandik” dengan berbagai variasi bentuk, ukuran  dan ada sedikit pasir putih .  

Keindahan dari Pantai Pidakan ini  yang pertama banyaknya pohon kelapa, pohon pandan, pohon tapang dan pohon jenis lainnya dengan lokasi yang rata dan cukup lapang. Untuk pecinta fotografer lokasi Pantai Pidakan ini sangat bagus dengan adanya tumbuhan disekitar pantai, bahkan para managemen dan khususnya karang taruna  pantai pidkaan juga menyediakan spot selfi untuk  para pengunjung.

Warga sekitar pantai bisaanya memanfaatkan waaktu luangnnya dengan cara pergi ke Pantai Pidakan untuk mencari biota laut. Biasanya jika warga sekitar mendapat kerang, telur bulu babi dan tiram  yang banyak akan diolah sendiri sebagai lauk tambahan bahkan bisa  dijual langsung kepada pengunjung atau  di bawa kepasar. Jika banyak terdapat rumput lau akan dijual kepasar atau pengepul lansung. Dengan begitu  warga sekitar pantai sangat mudah  untuk mendapatkan penghasilan tambahan mereka. 
Wisatawan juga dapat meihat bintang laut dan biota lainya apabila pantainya sedang surut.  Ada beberapa jenis biota laut yang saya ketahui seperti, bulu babi, landak laut, tiram, berbagai kepiting, kerang siput, udang, ikan rumput laut, dan juga banyak cangkang kerang/moluska lain disini. 

Pantai yang identik dengan bebatuan ini sangat cocok  digunakan sebagai terapi alami, dengan cara pengunjung melepas alas kaki dan  berjalan diatas bebatuan di sepanjang bibir pantai. Pantai Pidakan khas dengan  bebatuan dan sedikit pasir putih ini juga nyaman digunakan untuk menghabisan watu libur para pengunjung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUPU-KUPU KESEPIAN

KEMARAU MERANGGAS

ARTI SEBUAH PERSAHABATAN